Beberapa Peluang Bisnis Pariwisata

Beberapa Peluang Bisnis Pariwisata. Menjelang masyarakat ekonomi Asean 2015. Berbagai kalangan bisnis percaya bahwa pariwisata Indonesia menawarkan peluang yang menarik untuk dikembangkan. Indonesia memang terkenal kaya dengan keindahan alam dan keanekaragaman budaya yang berpotensi besar untuk dijadikan objek wisata.

Beberapa Peluang Bisnis Pariwisata

Di sisi lain. Naraca jasa di Indonesia belakangan memang selalu defisit dan membutuhkan sektor jasa yang berpotensi besar untuk dijadikan pemasukan. Pariwisata adalah jawaban terbaik bagi negara kita yang sedang punya banyak proyek pembangunan.

Anda, sebagai calon pengusaha, pasti tidak akan duduk saka membiarkan peluang ini lewat begitu saja. nah, artikel ini akan mencoba memberikan inspirasi bagi anda, soal beberapa peluang bisnis pariwisata di dekat tempat tinggal anda. Mari kita simak.

1.) Bisnis Penginapan

Beberapa Peluang Bisnis Pariwisata

Setiap wisatawan akan membutuhkan tempat untuk beristirahat atau menjadi homebase mereka ketika hendak berkeliling ke Objek-objek wisata yang dekat. Anda tidak perlu berpikir besar dengan membangun hotel mewah dengan fasilitas yang lengkap. Saat ini sedang marak cara berlibur ala Backpacker, yang tentu saja mereka membawa uang dalam jumlah terbatas.

Baca Juga : Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula

Untuk itulah penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas sederhana justru lebih banyak diminati. Namun jika anda hanya memiliki rumah location di sekitar wisata, bisa juga dimanfaatkan sebagai Homestay. Ini adalah sebuah modal penginapan dengan menyediakan fasilitas lebih lengkap dan terkadang pemilik rumah dapat menghuni serta berbaur dengan para tamu. Maka anda memang perlu memilih dengan matang, konsep penginapan seperti apa yang akan anda tawarkan kepada para wisatawan.

2.) Bisnis Kuliener

Beberapa Peluang Bisnis Pariwisata

Tidak hanya itu, dalam konteks pariwisata kita harus mampu menyuguhkan jenis makanan yang khas dari daerah tempat wisata tersebut. Jika akses modal anda cukup besar, anda bisa bekerja sama dengan penginapan atau homestay yang ada.

Baca Juga : Cara Berinvestasi Valuta Asing Untuk Pemula

Buatlah sebuah konsep makan yang dengan sensasi berbeda yang dialami wisatawan, misalnya dengan menyediakan meja makan di dekat kuburan, di pinggir jurang dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan untuk memberikan kesan unik dan menarik para wisatawan.

3.) Penjualan Suvernir

Beberapa Peluang Bisnis Pariwisata

Suvenir adalah barang khas yang anda beli di tempat wisata. Suvenir ini bisa saja berupa gantungan kunci, dompet, kain, kaos, tas dan masih banyak lagi barang yang bisa anda ekplor untuk digunakan sebagai suvenir. Barangkali oleh-oleh yang berupa makanan adalah pilihan yang juga menarik.

4.) Jasa Penerjemah dan Tourist Guide

Beberapa Peluang Bisnis Pariwisata

Jasa penerjemah biasanya sangat dibutuhkan oleh padara wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Selain itu jasa ini juga berkaitan dengan jasa excursion wuick guide dimana tentunya para turis ingin mengetahui apa yang mereka kunjungi. Anda bisa berbisnis dengan agen excursion overview dan jasa penerjemah.

5.) Kios dan CounterĀ 

Beberapa Peluang Bisnis Pariwisata

Termasuk juga di tempat wisata untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan, seperti makanan, minuman dan lain-lain. Pastinya anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjelaskan kepada wisatawan, jenis-jenis propaider apa yang mendapatkan jaringan cukup bagus di tempat wisata tersebut, apa saja kekurangan dan kelebihan serta lain sebagainya.

Baca juga : Produk Google Yang Bermanfaat

Nah, itu tadi beberapa peluang bisnis pariwisata yang bisa anda pertimbangkan. Jika anda memang berniat, segeralah rencanakan dengan matang dan eksekusi, karena tidak lama lagi akan lebih banyak wisatawan asing yang menyerbu Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*