3 Bisnis Kecil Yang Paling Menguntungkan di Tahun 2019

3 Bisnis Kecil Yang Paling Menguntungkan di Tahun 2019 –  Untuk menemukan jawaban tersebut, sebaiknya kita melihat kembali tren bisnis yang telah terjadi di tahun 2018 lalu, serta melakukan analisa dan prediksi kondisi ekonomi global dan lokal di tahun mendatang.

Banyak pengamat ekonomi yang memprediksi bahwa situasi dan kondisi ekonomi Indonesia di tahun 2019 ini tidak akan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pertembuhan ekonomi dalam negeri diperkirakan berada pada kisaran angka 5%.

Kondisi perekonomian global, perdagangan bebas dan situasi negara China serta Amerika Serikat akan memberikan pengaruh bagi ekonomi Indonesia. Selain itu, ketegangan dan peperangan di beberapa negara seperti kawasan negara Suriah juga berdampak bagi ekonomi dunia.

Namun, banyak orang yang percaya bahwa di tahun 2019 ini ekonomi Indonesia dipenuhi dengan optimisme seperti tahun 2018. Seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu bidang yang memberikan pengaruh signifikan dalam kehidupan manusia adalah kemajuan teknologi dan informasi.

Tren penggunaan perangkat mobile seperti smartphone, smartwatch dan augement reality akan terus menjadi bagian kehidupan manusia. Penggunaan dan konsumsi internet masyarakat Indonesia akan semakin besar. Aktivitas di dunia maya akan semakin intens, tidak hanya untuk keperluan media sosial saja, tetapi juga kebutuhan belanja online, akses informasi, hingga pembayaran dengan uang digital.

  • Bisnis Percetakan

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa di awal tahun 2019 ini, negara Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden. Kegiatan Pemilu tersebut tentu biasanya membutuhkan berbagai alat peraga dan perangkat Pemilu, seperti baliho, pamflet, sticker dan juga kaos sablon.

Terlebih lagi, tahun 2019 merupakan ancang-ancang awal bagi para partai peserta pemilu dan para calon wakil rakyat untuk memperkenalkan diri kepada publik. Nah, berbagai sarana dan prasarana Pemilu tersebut akan mengalami peningkatan permintaan yang cukup besar.

Bagi anda yang telah merintis bisnis percetakan ini, tentu akan bisa memetik panen keuntungan yang bagus di tahun ini. Sementara bagi anda yang ingin merintis bisnis ini, tiada salahnya untuk mulai membuka bisnis percetakan di tahun ini, sembari menyongsong perhelatan Pemilu Nasional di tahun 2019 ini.

Lalu, berapakah modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha percetakan? Untuk penyediaan alat-alat kerja, seperti mesin fotocopy, printer baliho dan sejenisnya. Anda membutuhkan modal sekitar 20 – 70 juta rupiah. Namun itu tergantung kapasitas dan merek mesin yang anda pilih.

  • Bisnis Online

Sejak 5 tahun terakhir, pertumbuhan bisnis online di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini ditunjang oleh jaringan internet yang semakin luas, serta harga perangkat internet yang semakin terjangkau. Dengan smartphone yang harganya 500 ribu rupiah, masyarakat telah bisa berselancar di dunia maya dengan lancar. Hal tersebut secara tidak langsung berdampak positif bagi kemajuan bisnis internet. Berbicara mengenai bisnis internet, ternyata ada banyak sekali ragamnya. Lima bisnis online yang terpopuler bagi pengusaha antara lain:

  1. Bisnis Ecommerce melalui Toko Online dan Media Sosial
  2. Bisnis Dropshipping dan Afiliasi Produk
  3. Blogging, Youtubers dan Vlog
  4. Bisnis Jasa Online seperti Konsultan, Penerjemah Bahasa, Desain Grafis, Kursus Online dan sejenisnya.
  5. Bisnis Developer Aplikasi, Software dan Perdagangan produk digital lainnya.
  • Bisnis Akomodasi Liburan dan Rekreasi

Liburan dan rekreasi menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu, terjun ke bisnis ini menjanjikan potensi keuntungan bagus. Meskipun rencana pemerintah untuk menyelenggarakan pembelajaran di sekolah hanya 5 hari kerja tidak terealisasi di tahun ini, namun itu tidak akan menyurutkan potensi bisnis ini.

Gaya hidup masyarakat Indonesia yang suka “berselfie ria” di tempat wisata dan membagikannya di akun media sosialnya. Rupanya menjadi salah satu daya pendorong masyarakat untuk pergi berwisata. Anda yang memiliki usaha jasa travelling, tour guide, usaha oleh-oleh, penginapan dan restoran akan bisa mencicipi manisnya bisnis di tahun 2017 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*