3 Ide Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2019

3 Ide Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2019

Mencari ide usaha yang menjanjikan di tahun baru ini? Bagi pengusaha pemula, tentunya menentukan bisnis yang ingin dijalani menjadi tantangan tersendiri. Persaingan pasar yang semakin ketat, dengan beragam kreativitas dan inovasinya. Membuat para calon pengusaha harus jeli mencari celah untuk meraup keuntungan maksimal.

Tren bisnis pun berubah-ubah tiap tahunnya. Salah satu penyebab perubahan tersebut adalah perkembangan teknologi yang mempunyai peran besar terhadap gaya hidup dan gaya konsumsi masyarakat.

Misalnya saja, sepanjang tahun 2018, transportasi online mengambil alih pasar ojek pangkalan. Bahkan moda transportasi lain seperti angkutan kota. Perkembangan e-commerence pun perlahan menggeser keberadaan toko offline hingga pusat perbelanjaan.

Selanjutnya, kira-kira apa ya ide usaha yang menjanjikan di tahun 2019?

Bisnis online tentunya masih akan diminati karena menawarkan kepraktisan yang dibutuhkan banyak konsumen. Meski begitu, masih banyak ide usaha yang menjanjikan lainnya di luar bisnis online loh.

Bagi kalian yang ingin berganti status menjadi pengusaha di tahun 2019, ke-6 ide usaha yang potensial di bawah ini bisa kalian coba.

  • Bisnis Skincare dan Kosmetik Organik

Bisnis kosmetik organik telah banyak bermunculan sejak beberapa tahun terakhir. Peminatnya terus meningkat seiring bertambahnya kesadaran untuk menggunakan produk kecantikan yang aman. Bahkan penggunaan produk skincare dan kosmetik berbahan organik sudah menjadi bagian tren gaya hidup sehat.

Sekalipun tidak semua kandungan kimia pada kosmetik berbahaya, produk perawatan bebas bahan kimia dinilai lebih aman untuk digunakan secara terus-menerus.

Saat ini, sejumlah produk kecantikan organik lokal pun telah mampu bersaing dengan produk luar. Misalnya, Indoganic, The Soap Corner, Utama Spice, Wangsa Jelita dan masih banyak lagi.

Jika tertarik mencicipi wanginya bisnis skincare organik, kamu bisa menyasar produk-produk perawatan tubuh seperti sabun, essential oil dan fragrance oil atau produk kecantikan lainnya seperti lip balm, masker wajah dan sebagainya.

Sebagai modal awal, kamu bisa mengikuti kelas atau kursus membuat produk kecantikan organik, serta mempelajari lebih dalam mengenai bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

Salah satu pengusaha yang berhasil meraup untuk dari bisnis skincare organik adalah Martha Airin, pemilik Marrel Handmade Soap asal Semarang. Dilansir dari Kontan, Martha mulai membuat handmade soap sejak September 2017.

  • Kelas Online

Bukan cuma marketplace barang konsumtif saja yang laris manis di 2018, marketplace edukasi juga mulai bermunculan meski belum menjamur. Beberapa diantaranya adalah Ruang Guru dan kelas kita.

Sejumlah media pembelajaran online tersebut menyediakan topik yang beragam. Mulai dari pelajaran sekolah hingga fotografi, semua bisa didapatkan secara online dari para profesional di bidangnya.

Hari ini bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan bagi kamu yang memiliki keterampilan khusus dan ingin membagikan ilmu yang kamu punya.

Kamu bisa mengajar secara online dengan mendaftarkan diri menjadi guru atau mentor di salah satu platform edukasi tersebut. Sebagai contoh, pada situs Kelaskita, kamu bisa menentukan sendiri tarif kelas yang ditawarkan dan mendapatkan penghasilan tambahan dari tarif tersebut.

  • Kuliner Khas Indonesia

Tren bisnis kuliner adalah yang paling cepat mengalami pergantian. Sebab, inovasi di industri ini begitu cepat bermunculan dan bervariasi. Misalnya, beberapa tahun lalu, tren makanan sehat banyak diminati. Mulai dari penyedia santapan diet hingga hidangan minim olahan pun banyak diburu.

Tahun 2019, tren ini sepertinya belum akan surut. Namun, tak hanya makanan sehat yang akan ramai diminati. Menurut William Wongso, pakar kuliner Indonesia akan semakin diminati dan menggeser kuliner barat pada tahun ini.

Seperti yang dilansir dari Liputan6, menurut William Wongso, kuliner khas Indonesia memiliki cita rasa yang kaya sehingga tidak membosankan.

Jika tertarik, kamu bisa mencoba katering rumahan dengan target pasar untuk makan siang karyawan, pesanan prasmanan arisan, pesanan nasi box atau rantangan untuk anak kosan maupun rumah tangga.

Sebagai permulaan, kamu bisa membagikan tester santapan yang kamu buat ke tetangga atau rekan kantor. Kamu juga bisa memasarkan menu katering melalui media sosial dengan menggunakan jasa pengiriman barang jarak dekat seperti Gojek atau Grab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*