3 Ide Usaha Yang Menjanjikan di Tahun 2019

Mencari ide usaha yang menjanjikan di tahun 2019? Untuk para pengusaha pemula, menentukan bisnis yang ingin dijalankan bisa menjadi tantangan tersendiri.

Persaingan pasar yang kian ketat, dengan beragam kreativitas dan inovasinya membuat para calon pengusaha harus jeli mencari celah untuk meraup keuntungan maksimal.

Tren bisnis pun akan berubah-ubah setiap tahunnya. Salah satu penyebab perubahan tersebut adalah perkembangan teknologi yang mempunyai peran besar terhadap gaya hidup dan gaya konsumsi masyarakat.

Misalnya saja, sepanjang tahun 2018 transportasi online mengambil alih pasar ojek pangkalan, bahkan moda transportasi lain seperti angkutan kota. Perkembangan e-commerce pun perlahan menggeser keberadaan toko offline hingga pusat perbelanjaan.

Selanjutnya, kira-kira apa ya ide usaha yang menjanjikan di tahun 2019? Bisnis online tentunya masih akan diminati karena menawarkan kepraktisan yang dibutuhkan banyak konsumen. Meski begitu, masih banyak ide usaha yang menjanjikan lainnya di luar bisnis online loh.

Untuk kamu yang ingin berganti status menjadi pengusaha di tahun 2019, ke-3 ide usaha yang potensial di bawah ini bisa kalian coba.

Jasa Makeup Artist (MUA)

Jasa MUA memang bukanlah hal yang baru, namun karir sebagai MUA bisa semakin gemilang di tahun 2019 ini. Pasalnya, saat ini jasa MUA tidak hanya dibutuhkan saat event formal seperti pernikahan, acara pertemuan non formal pun kerap membutuhkan jasa perias.

Untuk menggeluti karier sebagai MUA, kamu bisa mengasah kemampuanmu melalui pendidikan formal, seperti kursus ataupun secara otodidak.

Meski siapapun bisa menjadi MUA, namun kualitas riasan dan kemampuanmu akan berperan besar pada kesuksesanmu nantinya. Oleh sebab itu, bagi seorang MUA, penting untuk terus mempelajari tren dan teknik makeup yang ada.

Secara perlahan, lengkapilah peralatan makeup yang dimiliki dan kumpulkan portofolio yang berkualitas untuk menjadi MUA profesional.

Pekerjaan sebagai MUA pun tak terbatas merias klien, setelah memiliki cukup pengalaman, kamu juga bisa membuka beragam kelas kecantikan. Dengan begitu, kemampuanmu akan semakin terasah, rekening pun bisa semakin gemuk.

Kuliner Khas Indonesia

Tren bisnis kuliner adalah yang paling cepat mengalami pergantian. Sebab, inovasi di industri ini begitu cepat bermunculan dan bervariasi. Misalnya, beberapa tahun lalu, tren makanan sehati cukup banyak diminati. Mulai dari penyedia santapan diet hingga hidangan minim olahan pun banyak diburu.

Tahun 2019, tren ini sepertinya belum akan surut. Namun, tak hanya makanan sehat yang akan ramai diminati. Menurut William Wongso, pakar kuliner Indonesia, kuliner khas Indonesia akan semakin diminati dan menggeser kuliner barat pada tahun ini.

Jika tertarik, kamu bisa mencoba katering rumahan dengan target pasar untuk makan siang karyawan, pesanan prasmanan arisan, pesanan nasi boks, atau rantangan untuk anak kosan maupun rumah tangga.

Kelas Online

Bukan cuma marketplace barang konsumsif saja yang laris manis di 2018, marketplace edukasi juga mulai bermunculan meski belum menjamur. Beberapa diantaranya adalah Ruang Guru dan Kelas Kita.

Sejumlah media pembelajaran online tersebut menyediakan topik yang beragam. Mulai dari pelajaran sekolah hingga fotografi, semua bisa didapatkan secara online dari para profesional di bidangnya.

Hal ini bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan bagi kamu yang memiliki keterampilan khusus dan ingin membagikan ilmu yang kamu punya.

Kamu bisa mengajar secara online dengan mendaftarkan diri menjadi guru atau mentor di salah satu platform edukasi tersebut. Sebagai contoh, pada situs KelasKita, bisa menentukan sendiri tarif kelas yang ditawarkan dan mendapatkan penghasilan tambahan dari tarif tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*